Pada tanggal 26 November 2021, LSPR Centre for Entrepreneurship (CFE) mengadakan acara LSPR Student Entrepreneur Business Plan Presentation 2021. LSPR Student Entrepreneur Business Plan Presentation 2021 merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh LSPR CFE setiap tahun untuk memfasilitasi bisnis yang telah dibuat oleh mahasiswa-mahasiswa LSPR khususnya pada fakultas bisnis. LSPR Student Entrepreneur Business Plan Presentation 2021 tersebut diadakan secara offline dan online di waktu yang bersamaan. Ada empat group yang mempresentasikan business plan mereka dihadapan para juri. Empat group tersebut adalah Rateku, TMart, Tepersia, dan Anjeli. TMart merupakan group kedua yang mempresentasikan hasil business plan mereka.
TMart merupakan singkatan dari Traditional Internet Market yang memiliki tujuan menjadi solusi kepada masyarakat sebagai aplikasi market place yang mendigitalisasi pasar tradisional untuk meningkatkan efektivitas belanja. Cara kerja dari aplikasi TMart sanga mudah hanya dengan tiga langkah yaitu klik – bayar – sampai. TMart memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan oleh pengguna yaitu fitu pertama yang menjadi fitur unggulan dari fitur tersebut adalah TMart Box. TMart Box berkerja sama dengan pemilik usaha restoran sebagai pemasok bahan baku mereka. Fitur kedua adalah fitur tawar menawar, fitur ini bekerja dengan cara penjual dapat mengaktifkan fitur tersebut dan memasukkan harga nominal yang dapat ditawar oleh pelanggan. Fitur ketiga adalah fitur TMart recipe, fitur ini bekerja dengan cara mudah yaitu pengguna dapat melihat resep, melihat bahan dan mengecek ketersediaan di pasar apa saja hanya dengan klik – bayar – sampai. Fitur keempat adalah fitur TPay, fitur ini merupakan alat tukar digital yang dapat mempermudah transaksi pembayaran di aplikasi. TMart memiliki target market yang bervariasi. Target market TMart adalah ibu rumah tangga, wanita karir, pemilik usaha, cooking enthusiast, dan pasar tradisional enthusiast. Di era yang segala sesuatu sudah menjadi digital dan global ini sangat tidak mungkin suatu bisnis tidak memiliki kompetitor. TMart memiliki beberapa kompetitor
yang menjadi saingan saat menjalankan bisnis. Kompetitor TMart adalah Happy Fresh, Sayur Box, Teman Pasar, dan Pasar Now. TMart memiliki kenggulan yaitu diferensiasi fitur yang lebih beragam dan juga lebih social oriented. Selain itu, TMart memiliki dua program CSR yaitu, 1. peduli pasar, melakukan bakti sosial di lokasi pasar tradisional untuk membersihkan pasar dan 2. peduli digital dengan TMart. Kelebihan-kelebihan dari business plan TMart ini mendapatkan hasil yang cukup memuaskan bagi group TMart. Group TMart mendapatkan juara kedua pada acara LSPR Student Entrepreneur Business Plan Presentation 2021 yang diadakan oleh LSPR CFE.
Leave A Comment